Tuesday, May 21, 2013

RPG GAME PC? KETIKA WESTERN MERAJALELA GAME PC RPG


Memang, yang namanya game PC khususnya RPG, sangat jarang kita dapat melihat game RPG dengan muka seperti son goku (favorit saya di anime) ataupun game PC RPG dengan permainan layaknya Final Fantasy Khas Jepang. Saya membahas ini dikarenakan kemarin saya sedang asik-asiknya bermain Game RPG dan ingin sekali mencoba game RPG PC rilisan Jepang dan ternyata? sangat sedikit. 
Game RPG di PC sangat mudah dikenal dan pastinya yang mendominasi adalah game western (atau game barat) seperti FallOut, Borderland, FarCry (game rpg fps) ataupun Skyrim, Fable, Dragon Age (game rpg paling khas western dimana alur cerita mengikuti budaya atau cerita jaman dulu dunia barat).
Kalaupun ada yang terkenal dari Jepang macam Phantasy Star Universe (game buatan sega yang bisa Online dan itupun orang Indonesia biasanya jarang dengar) The Witcher (yang notabennya tetep aja kayak game western), ZWEI 1 & 2, Grandia 2, ataupun The Last Remnant, semuanya seperti sangat susah untuk menandingi kualitas game RPG PC buatan Western.
Ada yang tau tidak kenapa game RPG PC Western lebih baik dari game RPG PC Jepang? sebenarnya simpel aja dan ini beberapa penjelasannya :

Dari segi Controller, Game RPG PC Western memang berfokus kearah permainan Keyboard dan Mouse yang mengatur pergerakan Player sedangkan rata-rata Game RPG PC Jepang mengarah Keyboard dan terkadang sering lebih Compatible ke penggunaan Stick. Satu Alasan Penting dari Kenapa Game RPG PC Jepang seperti itu ialah karena game-game tersebut sebenarnya dikhususkan ke arah Game Console pabrikan Jepang (seperti Playstation) tetapi di adaptasi ke game PC, contoh simpelnya ialah Phantasy Star Universe yang pertama kali keluar di Playstation 2 dan di bawa ke PC sehingga controllernya masih seperti cara bermain game console. Salah satu kekurangan dari Game PC RPG Jepang.

Game RPG LastRemnant dengan Battle Systemnya, masih mengadaptasi  penggunaan seperti di game Console
Fallout 3, benar-benar kita sebagai player menggerakkan dengan bebas
Alasan kedua ini memang mengacu kepenjalasan nomor yaitu, yaitu Jepang memang lebih dominan dalam Game bertipe Console, yang membuat para developernya berfokus kearah Game Console, tidak demikian dengan Western, yang membagi dua pembuatan gamenya tidak hanya di game Console saja, tetapi di Game PCpun mereka sangat gencar untuk memproduksi game berkualitas.

FarCry Series, Game yang tidak hanya di Console seperti Playstation dan Xbox, tetapi juga di PC
FInal Fantasy yang hanya di game Console, bayangkan jika berada di PC, diyakini popularitasnya  akan semakin naik

Rata-rata permainan RPG western lebih kearah free move atau kebebasan dalam bergerak seperti bisa langsung menyerang monster, sedangkan game RPG Jepang lebih kearah battle system seperti di game consolenya, bisa dibandingkan oleh game Western Farcry yang bebas kemana saja dibanding The Last Remnant yang menggunakan Battle System.

Dan terakhir adalah Western lebih gencar dalam mengembangkan game RPGnya di PC dibanding Jepang yang hanya itu-itu saja atau mengambil adaptasi dari game Console


Penjelasan diatas adalah murni dari pemikiran saya mengenai perbandingan game RPG PC Western dan Jepang, selera kita mengenai game berbeda dan jujur saja sayapun suka bermain game-game Jepang di Console ataupun di PC dikarenakan selama game tersebut menarik, makan mainkanlah, gak ada salahnya memainkan sebuah permainan yang tidak di larang oleh negara (hahaha).
Bisa dibilang saat ini memang Western masih memegang kendali dalam Hal RPG PC bahkan game-game bergenre yang lain di PC. Tetapi bukan berarti Jepang tidak berani bersaing dalam hal game PC, sebagai pionir pengenal game di Dunia, Jepang sudah mulai menunjukkan kualitasnya dalam hal pembuatan game di PC. Developer seperti Bandai, Konami ataupun SquareEnix (contoh yah) melihat kapasitas PC dan sekarang sudah semakin sering membuat game untuk PC baik RPG maupun genre lain. Kita bisa melihat nanti apakah Jepang bisa mengalahkan popularitas Western di PC atau tidak, yang pasti ini tidak ada maksud untuk menjatuhkan karya suatu negara baik Jepang maupun Western.

JADI, DARIMANAPUN GAME TERSEBUT SELAMA KITA BISA MENIKMATINYA MAKA NIKMATILAH. 

SEKIAN.

WESTERN RPG
JAPAN RPG

0 comments:

Post a Comment